Tanpa Helm? No Problem. Asal...

Sudah lama saya mengamati fenomena ini. Bagi sebagian orang, fenomena ini mungkin luput dari perhatian. Bagi yang telah mengamati, fenomena yang satu ini mungkin bisa menjadi alasan untuk tersenyum atau tertawa. Mungkin bisa juga rasa marah yang hinggap setelah menyaksikan kejadian ini.

Jika ada anak kecil tanpa helm yang dibonceng oleh bapaknya dengan sepeda motor, maka polisi tidak akan pernah menilang sang pengendara. Namun, jika ada orang dewasa tanpa helm yang dibonceng oleh temannya, sudah pasti akan kena tilang jika bertepatan di tempat itu ada polisi. Bukankah ini adalah kejadian yang aneh?

Helm itu digunakan untuk memperbesar tingkat keamanan pengendara motor. Jika memang itu yang menjadi alasan penggunaan helm, maka seharusnya yang harus ditilang pertama kali adalah anak tanpa helm yang dibonceng bapaknya di atas. Kenapa? Karena jelas bahwa anak kecil itu sangat rentan untuk kecelakaan, misalnya karena rangkulannya yang tidak erat, dibandingkan orang dewasa. Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Anak kecil tanpa helm saat dibonceng selalu saja bebas, sedangkan orang dewasa tak berhelm tidak akan lolos.

Saya tahu bahwa pak polisi mungkin tidak menahan sang bapak beserta anaknya tersebut karena ada rasa iba yang muncul. Biar bagaimanapun, pak polisi juga manusia kan? Jangan sampai pas ditilang, eh, anaknya tiba-tiba merengek dan meronta-ronta karena ketakutan. Ini mungkin yang ingin dihindari oleh pak polisi, sehingga ada rasa sungkan untuk menilangnya.

Hehe.

Salam helm.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cytokine Storms: Bukan Sembarang Badai

Kapan Obat COVID-19 akan Tersedia?

Rokok Vs COVID-19