Haha, Hihi, Huhu, Hehe, Hoho

Entah bagaimana sejarahnya, 5 kata di atas akhirnya muncul sebagai kata-kata untuk mengekspresikan sesuatu. Uniknya, semuanya hanya memiliki satu konsonan saja “H” ditemani oleh 2 huruf vokal kembar. Lebih unik lagi, konsonan ini bisa melebur dengan seluruh jenis vokal yang ada (a, i, u, e, o) untuk menimbulkan ekspresi tertentu.


Sepertinya tidak ada konsonan lain yang bisa mengambil peran konsonan H dalam hal mendeskripsikan ekspresi tertentu. Coba ganti H dengan B. Kita akan mendapatkan:


Baba: Ekspresi untuk apaan, nih? :)


Bibi: Ini mah bukan ekspresi, tapi panggilan kepada tante.


Bubu: Bingung maknanya apa...! Hehe


Bebe: Kalo ditambahin k, mungkin bakal ada artinya.


Bobo: Nah, kalo ini sih nama majalah anak-anak zaman baheula.


Coba aja ganti lagi dengan konsonan lain. Sepertinya nggak bakal ada yang menyaingi hegemoni huruf H ini. Hehe.


Caca, cece, cici, cucu, coco; Dada, dede, didi, dudu, dodo; Yaya, yeye, yuyu, yiyi, yoyo; Zaza, zeze, zuzu, zizi, zozo. Nggak ada yang sepadan kan?


“Haha” sendiri berarti kita ingin mengekspresikan tertawa lepas atau tertawa terbahak-bahak. Kalo nonton film-film yang ada raksasanya, maka kata "haha" pasti sering muncul. Masa' ada raksasa ketawanya "Hihi". Imut bangeeet...! :)


“Hihi” bermakna jika ada seseorang yang pengen tertawa kecil. Ekspresi ini bisa juga digunakan oleh makhluk halus jika ingin tertawa, misalnya kuntilanak. Kan nggak pernah kuntilanak ketawa "Hohohoho". :)


“Huhu” bisa berarti ekspresi kesedihan seseorang. Jika sedang chat dengan seseorang, rata-rata orang yang bersedih akan menulis kata ini di akhir curhatnya.


“Hehe”. Nah, kalo yang ini adalah jenis ekspresi ketawa paling umum dan paling moderat. Bisa pula bermakna ketawa karena gugup atau salah tingkah, misalnya ketemu calon mertua.


“Hoho” adalah eskpresi kekaguman atau keterpesonaan terhadap sesuatu.


Sumpah...ini hanya tulisan iseng. Nggak tahu kenapa, tapi hal unik ini tiba-tiba muncul pagi ini.


Entah pelajaran apa yang bisa diambil dari hal ini.


Ya sudah...selamat berekspresi...!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cytokine Storms: Bukan Sembarang Badai

Kapan Obat COVID-19 akan Tersedia?

Rokok Vs COVID-19