Mengapa Aku Memilih Arsenal?

Sebagaimana telah saya sampaikan di postingan saya yang berjudul "Kick Off" bahwa saya adalah penggemar berat sepakbola. Kalo ditanya lebih lanjut tentang klub favorit saya, maka saya akan menjawab "ARSENAL FC". Klub yang bermain di Premier League ini telah menjadi favorit saya sejak SD. Waktu itu saya mulai mengenal pemain-pemain Arsenal seperti Ian Wright (ayah dari Shaun Right Phillips, pemain yang pernah merumput di Chelsea dan sekarang membela Queens Park Rangers), Martin Keown, dan Tony Adams. Saya selalu mengikuti perkembangan dari klub yang dijuluki The Gunners ini. Sekarang, klub yang bermarkas di London Utara ini dibela oleh pemain-pemain muda usia seperti Scjesny, Vermaelen, Walcott, dan van Persie.

Yah...pemain-pemain muda. Itulah kata yang menjadi dasar awal sehingga saya begitu menyukai Arsenal walaupun dalam 6 tahun terakhir Arsenal tidak menggondol gelar apapun. Tetapi, saya tetap begitu mencintai klub itu. Kenapa???? Karena kebijakan dari sang pelatih Arsene Wenger, yang telah melatih klub ini selama 15 tahun, untuk merekrut pemain-pemain muda bertalenta. Dia begitu percaya dengan semangat seorang anak muda. Dia sangat senang dengan potensi anak-anak muda. Dan dia sangat percaya dengan torehan positif yang bakal dihasilkan dari anak-anak muda itu.

Sedikit banyak, apa yang dipikirkan oleh Arsene Wenger adalah sebuah kebenaran. Dapat terlihat bahwa permainan Arsenal begitu indah di lapangan hijau. Begitu mempesona. Sangat ringan dalam memainkan si kulit bundar.

Pembaca, apa yang ingin saya sampaikan di sini adalah.... REGENERASI....! Kadang-kadang banyak sekali orang tua (jika tidak ingin dikatakan lansia) yang masih begitu getol untuk mempertahankan kekuasaannya dan selalu menganggap bahwa pendapatnyalah yang paling benar. Pendapat anak muda???? NO WAY. Baginya, pendapat anak muda hanya mencerminkan emosinya saja. Jika pemimpin seperti ini yang memegang tampuk kekuasaan, maka jangan harap talenta-talenta muda akan mendapat kesempatan 'bermain di lapangan hijau'. Padahal, jika kita mau jujur, seperti yang dikatakan Om Wenger, anak muda adalah sebuah generasi emas dan produktif untuk berbuat. Orang tua mah naik tangga aja udah ngos-ngosan. Iya nggak??? Bahkan, Presiden Pertama RI, Soekarno, mengatakan bahwa "Berikan aku 10 pemuda, maka aku akan mengubah dunia". Lihatlah....! Begitu besar kepercayaan yang diberikan oleh Sang Singa Podium itu kepada yang namanya PEMUDA.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa anak muda pun membutuhkan pemikiran bijak dari orang-orang tua. Tapi, ingatlah...sebatas memberikan masukan. Percayalah kepada pemuda. Percayalah....!
(Ditulis di tengah kegalauan saat melihat para senior yang memicingkan mata kepada para pemuda)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cytokine Storms: Bukan Sembarang Badai

Kapan Obat COVID-19 akan Tersedia?

Rokok Vs COVID-19