Tiki Taka

Pertanyaan awal yang muncul dari tulisan ini adalah... 'Mengapa sepakbola menjadi olahraga yang paling disukai di seantero dunia ini?'

Apakah Anda pernah melihat permainan Barcelona FC, sebuah klub yang bermain di Liga Primera Division Spanyol? Jika ya, saya yakin Anda akan berdecak kagum dengan permainan yang ditampilkan oleh pemain-pemain klub ini seperti pula yang dirasakan oleh saya. Permainan yang mengedepankan kerjasama tim dengan mengandalkan ciri khas operan tiki taka ala Barcelona seakan membuat kita ikut terlarut dalam pertandingan tersebut.

Pembaca, itulah yang membuat sepakbola menjadi indah terlihat.
Itulah yang memvonis sepakbola menjadi olahraga yang paling disenangi oleh banyak manusia.

Sesungguhnya, keindahan sepakbola terletak pada kerjasama tim yang dibangun, terlepas dari strategi yang digunakan untuk melawan musuh dalam pertandingan. Tanpa adanya operan, maka yang terlihat adalah ke-monoton-an dan akhirnya akan menjadikan penonton bosan. Jika tanpa kerjasama pun, maka akan terjadi hal-hal negatif dalam klub tersebut. Pemain akan menjadi agois, saling berharap, dan yang pasti, tim tersebut akan terus mengalami kekalahan. Sebaliknya, dengan kerjasama yang apik dan dipadu dengan skill individu yang kuat, maka tim tersebut akan menjadi tim kuat dan akan terus diperhitungkan oleh tim yang lain. Yang lebih penting lagi, permainan tim tersebut akan menunjukkan karakter yang kuat dalam setiap pertarungannya.

Pembaca, dalam kehidupan kita, seringkali kita melihat kondisi dimana ada anak manusia yang terlalu terpedaya oleh kemampuan dirinya sehingga dia merasa bisa melakukan seluruh pekerjaannya sendiri. Tidak ada yang namanya kerjasama. Tidak ada tawa dan tangis bersama. Dan...tidak ada hura-hura bersama saat menang.

Keindahan di dunia ini sangat ditentukan oleh kedamaian yang berujung pada terbentuknya kerjasama dan persaudaraan di antara kita. Tidak ada keindahan tanpa kerjasama. Mungkin kalimat yang baru saja terucap terlalu lebay. Tetapi, jika kita mau jujur, kerjasama di antara kita akan menjadikan semuanya indah. Anda mungkin mengatakan bahwa danau itu begitu indah. Tetapi, apakah Anda tidak sadar bahwa keindahan di danau tersebut ditentukan oleh "kerjasama" antara pepohonan rimbun yang mengelilingi danau, air bening yang bergerak dinamis di cekungan danau, dan kicauan burung yang tiada bosan-bosannya mendengarkan keceriaannya. Sebaliknya, danau apapun tidak akan memberikan suasana rileks jika di kanan kirinya tampak pepohonan yang ditebang dan lain-lain.

Yah...bangunan itu mungkin sangat indah dan berkarakter. Tapi, ingatlah bahwa sebuah bangunan hanya bisa terbangun atas dasar 'kerjasama' semen, pasir, batu, atap, dan dinding. Bukan seperti itu???

Akhirnya...filosofi sepakbola yang mempertontonkan keindahan melalui jalinan kerjasama atau kebersamaan adalah contoh kecil betapa kerjasama di antara kita akan menjadikan dunia menjadi indah. Dunia akan ceria. Dunia akan tertawa. INDAHNYA KEBERSAMAAN.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cytokine Storms: Bukan Sembarang Badai

Kapan Obat COVID-19 akan Tersedia?

Rokok Vs COVID-19