Tepat Datang Vs Telat Pulang

Jika ada salah satu karakter yang sering dikoar-koarkan oleh para motivator sebagai salah satu karakter sukses, maka karakter tersebut adalah DISIPLIN. Apa sih disiplin itu? Supaya 'gak susah-susah menukil dari para ahli, langsung googling aja dan lihat wikipedia. Hehehe. So, disiplin adalah perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya. Definisi yang berat yah? :). Mari kita lihat salah satu aspek disiplin yang sering ditemui di dunia nyata, mungkin juga di dunia lain. Upss.

Salah satu yang sering dikaitkan dengan kata disiplin adalah kedisiplinan terhadap waktu atau jadwal yang ada. Kalo jam masuk adalah pukul 08.00 Wita, maka mereka yang datang tepat waktu bisa dikatakan disiplin tawwa. Sebaliknya, mereka yang datang di atas pukul 08.00 Wita akan mendapatkan status TIDAK DISIPLIN. Yah....itu yang sering kita dengar kan? Jika begitu, maka disiplin itu barang bagus. Saya pun sepakat jika disiplin adalah karakter yang mesti dimiliki oleh orang-orang sukses.

Yang menjadi masalah adalah kata disiplin itu hanya sering dikaitkan dengan DISIPLIN DATANG, tetapi tidak dengan DISIPLIN PULANG. Maksudnya,bro?

Seperti yang saya sebutkan di atas, pimpinan selalu menilai bawahannya yang dapat tepat waktu sebagai orang hebat, bahkan sering dipuji dan dijadikan contoh bagi bawahan lain yang sering telat datang kantor. Namun, bagaimana dengan bawahan yang selalu pulang tepat waktu? Apakah mendapat pujian? Saya pikir jarang pimpinan yang memuji bawahan yang selalu pulang tepat waktu. Pujian itu justru hanya diberikan jika sang bawahan pulang tidak tepat waktu. 

Jika ada bawahan pulang tepat waktu, misalnya pukul 16.00 Wita, maka 'gak akan ada pujian yang didapatkan. Sebaliknya, jika sang bawahan tersebut pulang telat, misalnya pukul 18.00 Wita, wuih...di kondisi inilah pujian sering datang. Iya kan? Ironis kan?

Padahal yang pulang tepat waktu pukul 16.00 Wita itu sedang mengaplikasikan definisi DISIPLIN yang sebenarnya. Justru mereka yang telat pulang bisa dikatakan TIDAK DISIPLIN. Bener nggak? Tetapi, mengapa pujian justru datang pada mereka yang tidak disiplin itu? Hahahaha.

Bingung kan? Saya juga.

Di sini, definisi bawahan terbaik adalah mereka yang DISIPLIN DATANG (tepat datang) dan TIDAK DISIPLIN PULANG (telat pulang). Aneh nggak, coy? Kok ketidakdisiplinan dihargai?

Salam.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cytokine Storms: Bukan Sembarang Badai

Kapan Obat COVID-19 akan Tersedia?

Rokok Vs COVID-19