Tiki-taka Guardiola Vs Tiki-Taka Villanova : Siapa Kuat!!!

Mungkin ini tulisan basi…!

Saat membaca salah satu artikel tentang filosofi sepakbola yang dilakoni oleh para pemain Barcelona, khususnya saat era Pep Guardiola, saya dibuat terkagum-kagum. Paling tidak, ada pendekatan-pendekatan matematis dan psikologis yang coba diaplikasikan dalam strategi ini. Sudah banyak tulisan yang membahas tentang masalah ini.

Usai musim 2011/2012, Guardiola akhirnya memutuskan untuk berlibur sementara dari aktivitas kepelatihan. Setelah membesut Barcelona selama 4 tahun dengan capaian 14 trofi, Guardiola ingin mentaktisi rasa bosan dalam melatih dengan vakum sementara. Dalam rentang waktu rehat ini, tak pelak banyak klub-klub kaya sekelas Chelsea, Manchester City dan Manchester United yang mencoba merayunya. Ah…untuk yang ini juga sudah banyak tulisan yang memceritakannya.

Sebuah keputusan mengejutkan diambil Guardiola saat mentitahkan bahwa dirinya telah menerima tawaran raksasa sepakbola Jerman, Bayern Munchen, untuk meneruskan kursi kepelatihan dari Jupp Heynckes. Berbagai analisa pun bermunculan. Namun, apapun analisanya, faktanya pelatih berkepala plontos ini sudah memutuskan.

Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana jika seandainya di tahun ke depan, Bayern Munchen asuhan Guardiola ternyata ditakdirkan bersua dengan Barcelona besutan Tito Villanova. Yang membuat saya penasaran dan seakan tidak sabar menunggu momen itu - entah kapan - tentu saja adu taktik yang bakal terjadi.

Tentu saja Guardiola akan mencoba mengadaptasikan gaya Tiki-Taka khasnya yang terbukti sukses meraup banyak trofi di Barca. Di sisi lain, Barcelona di bawah besutan Villanova pun masih konsisten mengaplikasikan Tiki-Taka nya di lapangan hijau. Dan terbukti strategi ini masih begitu ampuh untuk dikalahkan.

Namun, apa yang terjadi jika ke-2 tim ini bertemu? Jika kita membayangkan akan ada pertarungan antara Tiki-Taka Bayern versus Tiki-Taka Barca, maka itu sah-sah saja. Tetapi, saya meyakini bahwa ke-2 pelatih tidak akan sekedar menggunakan strategi Tiki-Taka tanpa ada modifikasi atau inovasi tertentu. Kenapa? Jika Tiki-Taka Vs Tiki-Taka, akan sukar dicari pemenangnya. Perlu ada kreasi atau modifikasi demi menuju kemenangan.

Nah, kreasi, modifikasi, dan inovasi apakah itu? Inilah yang membuat saya penasaran.

Kira-kira taktik apa yang bakal diusung ke-2 pelatih untuk menghadapi tim yang juga menerapkan strategi yang sama? Apakah Guardiola ataukah Villanova akan menciptakan taktik baru yang lebih super dari Tiki-Taka? Apakah Toko-Teko? Teko-Teko? Atau (T)uka- (T)uka? Hehe.

Salam Tiki-Taka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cytokine Storms: Bukan Sembarang Badai

Kapan Obat COVID-19 akan Tersedia?

Rokok Vs COVID-19