Ayo Menulis...!

Yah... kadang bingung juga mau tulis apa. Hasrat menulis begitu menggebu-gebu, tetapi akhirnya buntu karena ide nggak muncul.


Walaupun telah banyak buku yang ahli yang menelurkan berbagai trik dan tips agar ide-ide itu bisa muncul, tetapi tetap saja ada saat-saat dimana idea itu nggak nongol. Finally, duduk terdiam dan memandang monitor laptop. :)


Pembaca yang budiman, sebenarnya menulis itu tidak mesti menunggu gagasan terbaik yang muncul di benak kita. Rata-rata orang yang menjadikan alasan ini sebagai penghalang baginya untuk menulis adalah orang-orang yang memiliki obsesi diri untuk mempersembahkan sebuah tulisan terbaik. Atas dasar dorongan inilah, sang penulis harus menunggu, mencerna, dan memformulasi sebuah kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf, dan paragraf menjadi tulisan terbaik berdasarkan sebuah ide terbaik yang muncul.


Namun, yakinlah bahwa ide/gagasan terbaik tidak akan pernah muncul setiap waktu. Tidak akan pernah! Dan ingat pula bahwa ide terbaik itu adalah sesuatu yang relatif. Mungkin bagi kita, ide tersebut tidak menarik. Namun, bagi orang lain justru ide kita tersebut menjadi sebuah dasar berharga untuk merilis tulisan terbaik baginya. Mungkin bagi kita, gagasan itu begitu simple, tetapi justru menjadi pembuka jalan bagi orang lain untuk berpikir.


Mulai sekarang, tidak perlu dipikirkan apakah ide ini bernas atau tidak, berkualitas atau tidak. Itu tidak penting. Yang terpenting adalah bagaimana kita meramu ide "sederhana" itu menjadi sebuah tulisan yang bisa "mengena" dalam kehidupan orang lain.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cytokine Storms: Bukan Sembarang Badai

Kapan Obat COVID-19 akan Tersedia?

Rokok Vs COVID-19