Tak Kenal, maka Tak Sayang: Sebuah Perkenalan

Perkenalkan...!


Nama saya Sukamto. Lengkapnya Sukamto Salang Mamada. Saya sering menyingkatnya menjadi Sukamto S M.


Jika melihat alamat blog saya, maka pembaca sudah bisa menebak bahwa tahun kelahiran saya adalah 1986, tepatnya 27 Januari 1986. Saya terlahir di sebuah desa yang bernama Bonebobakal. Desa ini adalah ibukota kecamatan Lamala. Lengkapnya, Desa Bonebobakal, Kecamatan Lamala, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia.


Saya lahir dan besar di desa tersebut sampai berumur 14 (tahun 2000) tahun dimana pada saat itu saya mulai meninggalkan kampung tersebut untuk menimba ilmu di Palu, ibukota provinsi Sulawesi Tengah. Perjalanan yang harus ditempuh dari desa saya ke kota Palu kurang lebih 18 jam jika menggunakan transportasi darat.


Selama 3 tahun mengenyam pendidikan di SMAN I Kodya Palu, saya kemudian berkeputusan untuk melanjutkan studi saya di Universitas Hasanuddin (UNHAS) yang terletak di Makassar, ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Setelah mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), saya akhirnya diterima di Fakultas Farmasi UNHAS yang saat itu masih berupa jurusan.


Pendidikan strata-1 saya selesaikan selama kurang lebih 5 tahun (2003-2008) dan kemudian, di institusi yang sama, saya melanjutkan pendidikan ke tingkat profesi apoteker. Level ini saya rampungkan selama 1 tahun (2008-2009).


Pada tahun ini pula, setelah selesai pendidikan apoteker, saya mendaftarkan diri sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dosen di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, unit kerja Universitas Hasanuddin. Alhamdulillah...dalam pengumuman kelulusan, nama saya termasuk dalam 4 orang dosen baru yang diterima. Ke-3 nama lainnya adalah Aminullah, Muh. Akbar Bahar, dan Olivina Priyono.


Sebagai seorang dosen, tentunya melanjutkan studi itu menjadi sebuah keharusan. Setelah mengabdi kurang lebih selama 3 tahun (2009-2012), kesempatan melanjutkan studi itupun datnag jua. Melalui skema beasiswa Fulbright-Dikti, saya diberikan kesempatan untuk melanjutkan studi ke level magister di Universitas Toledo, Ohio, Amerika Serikat.


The University of Toledo terletak di kota Toledo, negara bagian Ohio, United States of America. Pada tanggal 14 Agustus 2012, untuk pertama kali saya menginjakkan kaki di benua Amerika sekaligus menjadi langkah awal saya untuk mencapai cita-cita yang lebih tinggi. Insyaa Allah, if everything goes well, saya akan menyelesaikan studi saya pada tahun 2014 karena rata-rata pendidikan S2 adalah 2 tahun.


Demikian perkenalan singkat saya ini. Sekarang saya ingin mendeskripsikan tentang blog saya ini.


Sejujurnya, blog yang saya buat di wordpress ini adalah blog yang ke-3 saya. Tulisan-tulisan saya sebelumnya dituangkan dalam 2 blog lainnya yang saya miliki: www.sukamto1986.blogspot.com dan www.kompasiana.com/Soekamto. Di blog pertama, saya lebih banyak menuliskan tentang beberapa pengalaman saya selama belajar di Amerika, sedangkan di Kompasiana, saya lebih banyak menuangkan opini saya, utamanya dalam masalah-masalah di negeri kita, Indonesia. Tidak berbeda jauh dengan ke-2 blog yang terlebih dahulu saya launching, blog di wordpress ini tidak akan berbeda jauh dari segi konten. Pembaca, dengan adanya blog saya ini, tidak berarti saya tidak aktif lagi dalam menuliskan ide dan pengalaman saya di ke-2 blog yang lainnya. Terkait dengan hal ini, pembaca mungkin akan menemukan satu tulisan saya yang kemudian dipublished di ke-3 blog saya tersebut. :)


Nggak tahu kenapa, tetapi saya begitu tertarik untuk mencoba aplikasi wordpress ini. Menurut sebagian teman yang telah lebih dahulu mencobanya, wordpress selangkah lebih maju dibandingkan dengan penyedia layanan blog lainnya, semisal blogspot.


Ah, ini bukanlah sebuah hal penting. Intinya, saya hanya ingin memotivasi diri saya untuk lebih banyak meluangkan waktu menuliskan hal-hal yang pernah saya alami, sekedar untuk merelaksasi diri. Dengan adanya blog baru ini, saya berharap motivasi itu bisa lebih mencuat dalam diri saya.


Oke...sampai di sini dulu perkenalannya.


Salam.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cytokine Storms: Bukan Sembarang Badai

Kapan Obat COVID-19 akan Tersedia?

Rokok Vs COVID-19